Selasa, 16 Februari 2016

PKS Batang Dukung Gerakan Tanpa Politik Uang


Rakorda, PKSSorotiPilkadesdanPilkada
ARAHAN – Ketua DPD PKS, M Saladin,didampingi Sekretaris DPD, Taufik Ikhsanudin, memberikan arahan ke pengurus saat rakorda, Minggu lalu.
AKHMAD SAEFUDIN / RADAR PEKALONGAN

*Dukung Gerakan Tanpa Politik Uang

BATANG – Dua hajat politik, yakni Pilkades dan Pilkada, menjadi sorotan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kabupaten Batang saat rakorda, Minggu (14/2). Sebagai bagian dari entitas daerah, PKS menyatakan komitmennya untuk ikut mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.
“Kita semua berkepentingan agar dua perhelatan politik ini bisa berlangsung dalam iklim yang aman dan damai. Baik pilkades serentak maupun pilkada harus menjadi ruang pembelajaran demokrasi yang baik bagi masyarakat Batang,” kata Sekretaris DPD PKS Kabupaten Batang, Taufik Ikhsanudin S Pt, saat dikonfirmasi via ponsel, Senin (15/2) sore.
Selain konduivitas pelaksanaan, lanjut dia, PKS pun memberikan perhatian pada aspek budaya berdemokrasi yang menurutnya perlu sama-sama dibenahi. Baik pilkades yang akan digelar serentak di 30 desa di 13 kecamatan, April nanti, maupun pilkada Batang pada Februari 2017, sudah saatnya mengedepankan praktek politik yang menjunjung tinggi nilai dan moral.
“Kami sepakat dengan platform politik tegak lurus yang juga disuarakan Bupati dan tokoh lokal, yakni bagaimana meminimalisir potensi politik uang dalam pesta demokrasi. Apalagi, 8 desa menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan pilkades tanpa politik uang. Gerakan ini harus menjadi arus utama dalam even-even politik di Kabupaten Batang,” tandas Taufik.
PKS, ungkap dia, mengapresiasi langkah Pemkab dalam upaya menekan potensi politik uang saat penyelenggaraan pilkades. Komitmen itu juga diwujudkan dengan mengalokasikan anggaran untuk penyelenggaraan pilkades di setiap desa, sehingga biaya pelaksanaan sudah ditanggung APBD.
Ketua DPD PKS, Mohammad Saladin, mengatakan, agenda rakorda juga menjadi momentum bagi partainya untuk menyiapkan kerja-kerja politik. Pertama, proses regenerasi politik di tingkat DPC ditargetkan tuntas pada Maret nanti. Kedua, kepada seluruh bidang diminta untuk segera melaksanakan program kerja yang telah disusun.
“Seluruh jajaran pengurus harus sudah mulai merealisasikan program kerja, berkhidmat untuk rakyat Batang. Jangan menunggu pilkada dan pemilu, dari sekarang mari berkhidmat untuk melayani rakyat Batang,” ujarnya.
Terkait penyikapan pilkada 2017, kata Saladin, PKS bertekad untuk memenangi suksesi kepala daerah itu, baik mengusung ataupun mendukung. Karena itu, PKS menyerahkannya ke Tim Optimalisasi Musyarokah Daerah (TOMDA), sebagai desk pilkada partai.
“Tim inilah yang akan membangun jejaring dan komunikasi dengan parpol lain ataupun calon bupati nantinya. Kami sadar diri, dengan hanya memiliki dua kursi di DPRD, PKS tak mungkin mengusung calon sendiri. Untuk itu, TOMDA lah yang nantinya membangun komunikasi dengan partai-partai lain untuk menjajaki kerja sama,” jelasnya. (sef)
Penulis: Akhmad Saefudin | Radar Pekalongan
Redaktur: Doni Widyo
Sumber : Radar Pekalongan